Keistimewaan Istighfar Yang Jarang Diketahui

Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan. Baik kesalahan terhadap Allah SWT maupun kesalahan terhadap sesama manusia. Karena manusia mempunya potensi untuk melakukan kesalahan tetapi juga manusia mempunyai kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya dan meminta ampun atas segala dosa yang diperbuatnya.

" Setiap anak Adam punya kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang-orang yang bertaubat." (HR. Bukhori)

karena itu Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk beristigfar. 
 أَسْـتَغْـفِراللهَ الذى لآإِلهَ إلاَ هُوَ الحَيُّ القَيُّوم وَأَتُوبُ إليه
Bahkan dalam suatu riwayat Nasai dari Ibnu Umar disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW yang sudah ma'sum, dijaga dari kesalahan tetap beristigfar seratus kali dalam sehari. Meski beliau terjaga dari kesalahan tapi beliau tetap beristigfar untuk memberikan teladan bagi kaum muslimin. (baca juga : Hal ini jarang dipikirkan, tapi akibatnya ditanggung sepanjang masa)

Suri tauladan inilah yang diamalkan oleh para sahabat dan salafus shalih. Pernah suatu hari, ulama' tabiin, Hasan Al Basri didatangi banyak orang untuk meminta nasihat agama dan banyak masalah. Diantara mereka, ada yang mengeluhkan keringnya sawah mereka, Hasan Al Basri pun menyuruhnya untuk banyak beristigfar. Ada juga yang mengeluhkan kemiskinan, ada yang belum punya anak, ladangnya gagal panen, dan persolan lainnya. Lagi-lagi Hasan Al Basri menyuruh mereka untuk beristigfar. 

Hal ini membuar Ar-Robi' bin Shabih bertanya kepada Hasan Al-Bashri, "Kenapa setiap kali engkau ditanya tentang segala persoalan, engkau menyuruh mereka untuk beristigfar?".

Hasan Al-Bashri menjawab dengan tenang, "Sungguh jawabanku itu bukan berasal dariku. Sebenarya, Allah SWT telah berfirman, 'Beristigfarlah kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan membanyakkan harta dan anak-anakmu serta mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) sungai-sungai'." (QS. Nuh : 10-12) (baca juga : Jika besok mati. apa yang and bawa?)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon